Tangkis Laut Jebol Diterjang Gelombang, Warga Pesisir Besuki Waswas Terjadi Banjir Rob

0
80
Bhasafm
HANCUR: Ada tiga titik tangkis penahan ombak di pesisir Desa Pesisir, Kecamatan Besuki, jebol diterjang gelombang (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Tangkis laut di beberapa lokasi sepanjang kawasan pesisir Kecamatan Besuki jebol, setelah diterjang gelombang pasang, malam kemarin. Warga yang berada di pesisir pantai mengaku waswas khawatir terjadi banjir rob.

Selama ini, tangkis laut berfungsi sebagai penahan ombak. Ada tiga titik tangkis laut jebol, yaitu kawasan pesisir Dusun Lesanan Lor  dan Dusun  Lesanan Kidul, serta Dusun Mandaran karang tambak, Desa Pesisir,  Kecamatan Besuki.

Menurut Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, tangkis laut setinggi tiga meter itu yang jebol diterjang gelombang bervariasi, mulai 30 meter hingga 200 meter. Ada sebagian tangkis hancur karena cuacanya memang ekstrem.

BACA JUGA :  Enam Lokasi Krisis Air Bersih Rutin Terjadi Setiap Tahun

“Tangkis laut itu berfungsi menahan ombak, jadi kalau sudah hancur air laut sewaktu-waktu bisa masuk ke rumah warga yang dekat dengan laut,” katanya, Jum’at, 29 Januari 2021.

Puriyono menambahkan, Pusdalops bersama Forkopimka dan Pemerintah Desa setempat,  telah turun ke lokasi sekaligus ikut kerja bakti memasang karung goni berisi pasir. Tujuannya mencegah air tidak masuk ke rumah warga, kalau sewaktu-waktu terjadi gelombang pasang.

“Kami terus pantau karena cuaca ekstrem masih berlanjut,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain