Tiga Bakal Calon Kades PAW Sumberkolak Gugur Saat Tes Tulis

0
90
bhasafm
Panitia usai mengumumkan hasil tes tulis bakal calon PAW kepala desa Sumberkolak di Kantor DPMD (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Sebanyak tiga dari enam bakal calon Kepala Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan gugur saat mengikuti seleksi tes tulis. Tes tulis ini sebagai penjaringan menjadi calon Kepala Desa dalam proses Pergantian Antar Waktu (PAW), karena Kades sebelumnya meninggal dunia.

Pelaksanaan tes tulis bakal calon kepala desa berlangsung di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Rabu kemarin. Setiap peserta mengerjakan 100 soal dan langsung diumumkan dengan sistem gugur melalui nilai tertinggi.

Ketua pantia Pilkades Sumberkolak, Fatchor Rozy, mengatakan, Calon Kepala Desa yang akan maju 22 Desember 2021 mendatang maksimal tiga orang. Panitia harus melakukan seleksi melalui tes tulis karena yang mendaftar enam orang. Dari enam orang tersebut secara otomatis tiga orang lulus dan tiga orang tidak lulus.

“Kami dari panitia bekerjasama dengan DPMD melaksanakan tes tulis. Usai tes tulis panitia langsung melakukan koreksi lembar jawaban disaksikan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dan langsung diumumkan hasil nilainya. Nilai tertinggi pertama sampai ketiga dinyatakan lulus dan berhak ikut bursa calon Kades,” terangnya, Rabu, 9 Desember 2021.

BACA JUGA :  Kapolres Situbondo Pimpin Tradisi Siram Bunga Sambut Anggota Polisi Baru

Fatchol menambahkan, tiga calon yang dinyatakan lulus tes tulis akan dipilih pada tanggal 22 Desember mendatang melalui musyawarah desa. Para calon akan dipilih oleh perwakilan warga dari setiap dusun 16 orang ditambah BPD dan perangkat Desa.

“Jumlah total pemilih 153 orang. Proses pemilihan PAW Kades melalui musyawarah desa sesuai Peraturan Bupati Nomor 19 tahun 2016, ” ujarnya.

Tiga calon yang lulus yaitu Supandi mendapatkan nilai 67, Riski Pristiwanto 66 dan Tukiman 53. Sedangkan bakal calon yang tidak lulus yaitu Siti Halimatus Zuhriya dengan hasil tes tulis 49, Ujang Wiloto 44 dan Armito dengan nilai 41.

Reporter: Zaini Zain