Diduga Berasal Dari Puntung Rokok, Lahan Gambut Dekat Kampus 2 Unars Terbakar

0
70
bhasafm
Petugas BPBD, Tagana dan petugas Damkar berjibaku melokalisir api di lahan gambut agar tak meluas (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan, lahan gambut terbakar, Selasa siang kemarin. Lahan gambut yang berada di sebalah timur kampus 2 Universitas Abdoerrahman Saleh Desa Sumbekolak, Kecamatan Panarukan dengan cepat meluas karena tertiup angin kencang.

Khawatir merembet ke area kampus, dua unit mobil pemdam kebakaran diterjunkan ke lokasi. Tak hanya itu, sejumlah personil BPBD dan Tagana serta dibantu warga harus berjibaku melokalisir api. Butuh waktu satu jam untuk memadamkan api.

bhasafm
Kirab Harjakasi 2022

Menurut kooordinator Pusat Pengendalian Operasi BPBD Situbondo, Puriyono, api dengan cepat meluas karena lahan gambut yang sudah mengering sangat mudah terbakar. Api pertama kali bersumber dari arah timur kemudian meluas ke area sebelah timur kampus 2  Unars.

BACA JUGA :  Setiap Hari Puluhan Warga Padati Lokasi Paralayang di Jatibanteng

“Yang melihat lahan ilalang kering terbakar adalah warga yang kebetulan melintas lalu menghubung petugas pemadam kebakaran damkar,” katanya, Selasa, 9 Agustus 2022.

Puriyono menambahkan, belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran. Ia mengimbau agar warga tak membakar sampah atau buang puntung rokok sembarang di lahan gambut, karena khawatir akan jadi pemicu kebakaran di musim kemarau seperti sekarang ini.

“Untuk penyebab kebakaran lahan kering ini masih diselidiki aparat kepolisian. Kami tidak tahu apakah ada yang membakar atau dari puntung rokok yang dibuang sembarangan,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain