25.8 C
Situbondo
Kamis, September 29, 2022

Bupati Situbondo Pantau Pasar Tradisional Pastikan Harga Sembako Stabil Pasca Harga BBM Naik

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar senggol di Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Panji, Rabu kemarin. Bupati memantau harga sembako pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dari hasil sidak di lapangan, ada beberapa kebutuhan pokok mengalami kenaikan, namun ada beberapa harga lainnya malah mengalami penurunan.  Meski demikian, stok dan harga kebutuhan pokok dipastikan masih stabil.

Menurut Karna Suswandi, kenaikan harga BBM tidak terlalu berdampak terhadap kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran. Dari hasil sidak di pasar tradisional harga kebutuhan pokok masih stabil. Lonjakan cukup tinggi terjadi dengan harga cabai, dari sebelumnya harga cabai rawit Rp 37 ribu naik menjadi Rp 50 ribu per-kilogram. Begitu juga harga cabai besar merah dari Rp 35 ribu menjadi Rp 52 ribu per kilogram.

“Kami sudah memantau langsung harga-harga di pasar tradisional.  Untuk harga sembako masih stabil dan hanya harga cabai terjadi kenaikan cukup tinggi,” ujarnya, Rabu, 7 September 2022.

Karna Suswandi menambahkan, untuk harga beras IR 64 masih stabil yaitu Rp10 ribu per kilogram. Harga beras IR 64 super Rp11 ribu per kilogramnya. Daging sapi stabil Rp110 ribu per kilogramnya, daging kambing stabil Rp160 ribu per kilogram, gula pasir stabil Rp13 ribu per kilogram,minyak goreng curah stabil diharga Rp12.500 per-liter.

“Bahkan harga telur ayam broiler turun dari Rp31 ribu menjadi Rp 28 ribu per kilogramnya. Kemudian bawang merah, bawang putih, tomat, kentang semuanya turun. Hanya wortel yang mengalami kenaikan, Insya Allah Rp2 ribu per kilogramnya, ” tuturnya. 

Lebih jauh Karna Suswandi mengajak masyarakat Situbondo tidak perlu panik dengan kenaikan harga BBM dan tetap berbelanja seperti biasanya. Sebab, kalau masyarakat memborong kebutuhan pokok bisa terjadi kelangkaan dan barang-barang akan menjadi mahal.

“Kita pastikan harga masih stabil dan stok aman. Ada beberapa harga mengalami fluktuasi harga, itu biasa karena dipengaruhi banyak hal,” pungkasnya.

Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,507PengikutMengikuti
20,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles