23.5 C
Situbondo
Jumat, Desember 2, 2022

Komisi III dan Polres Situbondo Temukan Dugaan Penggunaan Solar Bersubdisi di Lokasi Tambang

Situbondo- Komisi III DPRD bersama Polres Situbondo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah lokasi pertambangan yang izinnya sudah dicabut, salah satunya di lokasi tambang Desa Kotakan, Kecamatan kota Situbondo, Selasa kemarin.

Saat melakukan sidak, Komisi III menemukan dugaan adanya penyalahgunaan solar bersubsidi karena digunakan untuk pertambangan. Komisi III memergoki sopir truk menyedot solar dari truk ke jerigen, yang disinyalir akan digunakan untuk bahan bakar eskavator. Sopir truk yang kepergok langsung melarikan diri melihat ada Komisi III dan anggota Polres.

Menurut Ketua Komisi III DPRD Situbondo, Arifin pihaknya melakukan sidak ke sejumlah lokasi tambang yang aktivitas izinnya sudah dicabut. Tragisnya, begitu tiba di lokasi tambangdesa Kotakan, pihaknya malah memergoki dugaan penyalahgunaan BBM jenis solar bersubsidi.

“Saat sidak kami memergoki penyedotan BBM dari truk ke jerigen, yang diduga akan digunakan untuk BBM eskavator,” terangnya, “ujar Arifin, Selasa November 2022.

BACA JUGA :  Bupati Karna Datang Warga Merak Senang

Arifin meminta aparat penegak hukum menindaklanjuti temuan di lokasi pertambangan di desa Kotakan tersebut. Selain legalitasnya dipertanyakan karena klasifikasinya sudah dicabut, aktivitas pertambangan disinyalir menggunakan solar bersubsidi.

“Ini lokasi salah satu tambang yang di klasifikasinya sudah dicabut. Untuk legalitas aktivitasnya, besok saya akan tanyakan kepada inspektur tambang,” terangnya.

BACA JUGA :  Empat Fraksi DPRD Dukung Situbondo Ethnic Festival Jadi Agenda Tahunan

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Situbondo AKP Dhedi Ardy Putra, menegaskan pihaknya masih mencari identitas sopir yang kepergok memindah solar dari truk ke jerigen di lokasi tambang.

“Sopir truk belum ada, karena melarikan diri. Untuk menyita barang bukti, kami masih menunggu orangnya dulu sekaligus untuk dimintai keterangan,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,590PengikutMengikuti
20,300PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles