24.2 C
Situbondo
Jumat, September 17, 2021

PPKM Skala Mikro Kendalikan Penyebaran Covid-19 di Situbondo Tak Meluas

Situbondo- Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro,  berhasil mengendalikan penyebaran Covid-19 di Situbondo tak meluas. Selama beberapa hari ini, penyebaran Covid berhasil  dikendalikan, karena jumlah pasien baru masih lebih banyak pasien sembuh.

Plh. Bupati Situbondo, Syaifullah mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi, PPKM skala mikro di enam desa dan tiga Kelurahan cukup efektif. Meski ada tambahan pasien baru, namun jumlahnya tidak cukup siginifikan.

 “Alhamdulillah kebijakan PPKM di Situbondo cukup bagus. Hasil evaluasi kami menujukan penyebaran Covid tidak sampai meluas,” ujar Syaifullah, Plh Bupati yang juga menjabat Sekda Situbondo, Syaifullah, Kamis, 18 Februari 2021.

Sebaliknya kata Syaifullah, sejak PPKM diberlakukan 9 Februari 2021 lalu,  jumlah pasien di rawat terus berkurang, karena jumlah pasien sembuh terus bertambah. Saat ini jumlah pasien dirawat tinggal 51 pasien, terdiri dari 19 pasien di rawat di rumah sakit, 31 pasien isolasi mandiri serta satu pasien isolasi di pusat karantina.  Sedangkan jumlah total pasien meninggal sebanyak 174 pasien.

“Hari tidak ada pasien baru, sedangkan pasien sembuh bertambah 10 orang. Total pasien sembuh 2. 094 orang  dari jumlah total pasien positif 2. 319 pasei,” sambungnya.

BACA JUGA :  27 Pejabat Pemkab Situbondo Ikut Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

Menurut Syaifullah, saat ini Satgas sedang fokus menghidupkan posko tingkat desa dan RT. Berdasarkan hasil rapat virtual beberapa waktu lalu, semua posko tingkat desa sudah siap di hidupkan lagi, sebab keterlibatan Satgas Desa dan RT akan sangat efektif.

“Posko di 136 Desa dan Kelurahan sudah terbentuk tinggal di onkan saja. Kami juga mendapat laporan saat ini ada 33 RT membentuk posko Covid,” terangnya.

BACA JUGA :  Bupati Karna Suswandi Akan Benahi Kampung Blekok Sambut Penilaian ADWI 2021

Lebih jauh Syaifullah mengatakan, dari 17 Kecamatan di Situbondo sebanyak tiga Kecamatan zona merah, tujuh Kecamatan zona oranye dan  tujuh Kecamatan lagi zona kuning. Ada tiga Kecamatan yaitu Asembagus, Besuki dan Panarukan yang sebelumnya zona merah, kini  sudah menjadi zona oranye.

Saat ini memang masih tiga Kecamatan zona merah, yaitu Kecamatan Mangaran, Kecamatan kota Situbondo dan Kecamatan Panji. Tambahan zona merah baru yaitu di Kecamatan Mangaran.

“Ada 3.338 RT se Situbondo. Dari jumlah tersebut sebanyak 3. 329 RT zona hijau dan 99 RT zona Kuning. Ini sangat positif  dan harapannya akan terus kami tingkatkan sosialisasi agar kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan semakin tinggi,” pungkasnya.

Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
2,945PengikutMengikuti
18,400PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles