25.8 C
Situbondo
Kamis, September 29, 2022

Empat Jam Petugas Berjibaku Padamkan Lahan Terbakar Dekat Perumahan Sampit

Situbondo Diduga dibakar orang tak bertanggung jawab, lahan kosong seluas 4,5  hektar terbakar, Senin malam. Banyaknya ilalang dan rumput kering yang mudah terbakar menyebabkan api dengan cepat meluas.

Petugas pemadam kebakaran dan tim Pusdalops BPBD bersama Tagana harus berjibaku memadamkan api, agar api tak merempet ke kawasan perumahan Sampit atau perumahan 50 Resetlemen di Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji,

Butuh empat jam untuk memadamkan api, karena lokasi titik api di atas bukit sulit dijangkau mobil pemadam kebakaran. Petugas pemadam dan tim Pusdalops BPBD serta Tagana dan warga setempat melokalisir api menggunakan alat seadanya.

Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono mengatakan, kebakaran terjadi sejak pukul 18.00 dan baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 21. 00. Satu unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi, namun  kesulitan menjangkau titik api karena berada di atas bukit.

BACA JUGA :  Kapolres Situbondo Pimpin Tradisi Siram Bunga Sambut Anggota Polisi Baru

“Mobil PMK kesulitan menjangkau sehingga kami petugas dibantu warga melokalisir api menggunakan kepyok agar kebakaran tidak meluas,”  katanya, Senin, 29 Agustus 2022.

BACA JUGA :  Bupati Situbondo Pimpin Rakor Persiapan Pengiriman Logistik Pilkades

Menurut Puriyono, belum diketahui penyebab kebakaran. Berdasarkan keterangan warga, api berasal dari arah timur kemudian dengan cepat meluas karena lahan kosong yang terbakar banyak tumbuhan rumput dan ilalang sudah mengering.

“Masih belum diketahui penyebab kebakaran. Keterangan warga sekitar api terlihat pertama kali dari arah timur,” tuturnya.

Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,507PengikutMengikuti
20,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles