25.8 C
Situbondo
Kamis, September 29, 2022

Penggali Pasir Temukan Artefak Kuno Diduga Jejak Sejarah Situbondo Di Masa Lampau

Situbondo- Kabupaten Situbondo menyimpan banyak sejarah yang masih belum terungkap. Hal itu terlihat dari beberapa temuan peninggalan sejarah, yang menghubungkan dengan jejak sejarah di masa lampau. 

Kali ini, seorang penambang pasir menemukan benda diduga objek cagar budaya, di Dusun Dusun Krajan, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih. Artefak kuno itu ditemukan saat warga menggali pasir di area persawahan setempat. 

Artefak yang ditemukan berupa lumpang berbahan batu jenis andesit dengan dimensi tinggi 35 centimeter, diameter atas 65 centimeter, diameter lubang 16,5 centimeter, dengan kedalaman palung 25 centimeter. 

Saat ditemukan artefak itu sudah dalam kondisi rumpil pada bagian sisi atas sekitar 20 persen. Selain itu, juga ditemukan struktur sumur berbentuk persegi dengan sudut tumpul. Sumur tersebut memiliki bentang lubang  67 centimeter,  serta struktur batu bata tersusun sedikitnya 3 baris.

Kasis Humas Polres Situbondo, Iptu Ahmad Sutrisno, mengatakan, anggota Polsek Banyuputih telah ikut memasang police line di lokasi penemuan diduga objek cagar budaya. Saat ini, benda berupa artefak kuno tersebut sudah diamankan di balai desa Sumberejo.

“Karena adanya informasi kepada kami, maka Polsek ikut mengamankan dengan memasang police line di lokasi,” terangnya, Rabu, 7 September 2022.

Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,507PengikutMengikuti
20,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles